Sabtu, 06 Agustus 2011

Anatomi Fisiologi Payudara

      Payudara mungkin bagian tubuh wanita yang paling menarik dan dibanggakan pemiliknya. Ketika hamil dan menyusui, payudara yang dibanggakan itu biasanya mengalami perubahan bentuk menjadi besar, tegang, dan tidak lagi indah, padat berisi.
      Dengan tujuan menjaga keindahan payudara, sebagian ibu jadi lantas mengurungkan niatnya menyusui dan berpaling pada susu formula. Padahal, ASI (Air Susu Ibu) sangat baik kualitasnya dan sesuai dengan kebutuhan bayi.
     Alasan estetika seperti diatas hanya salah satu dari sekian banyak penyebab ibu tidak sukses menyusui. Peradangan payudara, penyakit pada ibu, bentuk puting yang tidak sesuai, sampai penyakit pada anak bisa menyebabkan ibu tidak mampu menyusui anaknya. Dengan perawatan payudara yang tepat, sebenarnya hal-hal seperti itu bisa dicegah.
    Secara vertikal payudara terletak diantara kosta II dan IV, secara horizontal mulai dari pinggir sternum sampai linea aksilaris medialis.
    Kelenjar susu terletak di jaringan subkutan, tepatnya diantara jaringan subkutan superfisial dan profundus. Payudara tersusun dari jaringan kelenjar, jaringan ikat dan jaringan lemak.
Ukuran :
  • Wanita dewasa umumnya memiliki payudara berdiameter 10-12 cm,
    dengan berat diluar kehamilan sekitar 200 gr.
  • Pada akhir kehamilan berat payudara dapat mencapai 400-600 gr.
  • Pada saat menyusui mencapai 600-800 gr.
Bagian utama payudara :
  • Korpus (badan).
  • Areola (kalang payudara).
    Letaknya mengelilingi payudara dan
    berwarna kegelapan yang disebabkan
    oleh penipisan dan penimbunan pigmen
    pada kulitnya.
  • Papilla (puting).
    Terletak setinggi interkosta IV,
    terdapat lubang-lubang kecil yang
    merupakan muara dari ductus laktiferus, ujung-ujung serat otot polos yang tersusun sirkuler sehingga bila ada kontraksi, maka ductus laktiferus akan memadat dan menyebabkan puting susu ereksi. Sedangkan serat-serat otot yang longitudinal akan menarik kembali puting susu tersebut.
Bentuk puting susu pada wanita ada 3 macam :
  • Puting susu normal.
  • Puting susu datar.
  • Puting susu masuk kedalam.

3 komentar:

  1. mbak risca, saya mohon ijin membuat link laman ini.

    BalasHapus
  2. halo mbak risca, salam kuenal ya,
    materinya bagus, sebagai wanita kita harus memahami dan mengenali detail payudara kita agar bisa mengerti fungsi fungsi dan mempermudah perawatannya, trima kasih mbak risca

    BalasHapus
  3. FORD EDI TECHNOLOGY | Tatanium Art - TITanium
    Tatanium Art supplies our industry columbia titanium pants experts, titanium flash mica in turn, with new paint, materials and accessories for titanium body armor the titanium sheets printing and printing industries. Visit the titanium wood stoves Tatanium Art website

    BalasHapus